THE IWATANI –API/IWS WELDING CONTEST IN INDONESIA 2017

The Iwatani - API/IWS Welding Contest in Indonesia 2017 merupakan kompetisi dalam bidang kompetensi pengelasan yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pengelasan Indonesia (API/IWS) bekerjasama IWATANI Corporation untuk meningkatkan kompetensi pekerja las didaerah Jabodetabek, Karawang & Banten. Kompetisi ini mulai diselenggarakan pada tahun 2016 lalu dan kembali diselenggarakan pada tahun 2017 ini dengan tujuannya yaitu untuk meningkatkan ketrampilan pengelasan serta memperbaiki teknologi pengelasan dan pengembangan ekonomi Indonesia melalui pelatihan teknologi pengelasan.

Multifab dari tahun 2016 kemarin sudah mengirimkan karyawannya sebagai kontestan untuk mengikuti kompetisi tersebut. Perlu diketahui bahwa penyelenggaraan pertama The Iwatani - API/IWS Welding Contest tahun 2016 lalu kontestan dari Multifab berhasil menjadi finalis dari berbagai kontestan perusahaan lain.

Tahun 2017 ini, Multifab kembali mengirimkan karyawan sebagai kontestan untuk mengikuti kompetisi ini atas nama Muhnandar & Hairul Bahri. Mereka adalah karyawan dari workshop Fabrikasi Cilegon yang telah dipilih untuk mewakili dan mengikuti The Iwatani - API/IWS Welding Contest in Indonesia 2017.

The Iwatani - API/IWS Welding Contest in Indonesia 2017 diselenggarakan di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bekasi dan Serang dengan peserta kurang lebih 160 kontestan. Acara tersebut ternyata tidak hanya menyajikan suasana kompetisi saja, namun sesuai dengan tujuan diatas, diselenggarakan pula welding seminar & award ceremony yang merupakan rangkain keseluruhan acara itu.
Proses kompetisi ini terdiri dari berbagai tahap, pertama harus melakukan verifikasi pendaftaran. Konsestan terdaftar dalam keanggotaan API/IWS ataupun mendapatkan rekomendasi dari perusahaan. Jika sudah terverifikasi dengan baik, maka tahap selanjutnya adalah babak kualifikasi. Kualifikasi yang diujikan bersifat teknis bidang pengelasan dengan ketentuan yang sudah disampaikan oleh juri kepada masing-masing kontestan. Babak kualifikasi ini yang nantinya akan mendapatkan 40 finalis terbaik dan akan mengikuti tahap final. Tahap final dilakukan penjurian sesuai dengan jumlah skor ujian praktek dan ujian tertulis. Dan dari proses final tersebut akan dipilih pemenang 1 hingga ke-3, pemenang ke-4 sampai ke-8.

Hasil yang dicapai oleh kontestan dari Multifab di The Iwatani - API/IWS Welding Contest in Indonesia 2017 adalah peringkat ke-8 untuk karyawan atas nama Hairul Bahri dan peringkat ke-14 untuk karyawan atas nama Muhnandar. Pencapaian tersebut tentu saja menjadi kebanggaan tersendiri bagi mereka dan perusahaan. Terlebih usaha-usaha yang telah dilakukan tentu saja tidak mudah meskipun harus berkompetisi dengan ratusan kontestan dari berbagai perusahaan lain. Hasil dari tahun 2017 ini tentu saja akan memberikan motivasi yang tinggi untuk kembali berkompetisi tahun depan dengan persiapan dan usaha-usaha maksimal untuk mendapatkan hasil yang optimal. Dan tentu saja 2 (dua) kontestan yang telah mengikuti The Iwatani - API/IWS Welding Contest in Indonesia 2017 dapat berbagi pengalaman dan menjadi mentor untuk calon-calon konstestan dari Multifab yang akan dikirimkan kembali di tahun mendatang. (RV)

Kantor Pusat

Medco Building II, Jl. Ampera Raya No. 20, Cilandak
Jakarta Selatan 12560
DKI Jakarta
Indonesia

+6221 7800824
+6221 7801560
headoffice@multifab.co.id

Workshop

Jl. Australia II Kav G-1/2
Krakatau Industrial Estate Cilegon (KIEC)
Cilegon, Banten 42443
Indonesia

+6254 391755
+6254 392429
Top